Bahaya Melaknat.

“Barangsiapa melaknat seorang mukmin maka seakan-akan dia membunuhnya.” (HR. Al-Bukhari)

Kata pak_patah sih mulutmu harimaumu. Emank Lisan sungguh sangat berbahaya walau menggerakkannya tak butuh tenaga lebih. Banyak manusia yang terseret dipintu neraka, tersungkur kedinding-dindingnya dan terjungkal kedalamnya gara2 lisan, lidah, mulut dan ucapannya. Naudzubillah.. terkadang kita berbicara hal-hal sepeleh yg sudah dianggap biasa dimata umum, tp bisa jadi perkataan itu dapat mendatangkan murka Allah.

Pernahkah kita mendengar kata2 “eh dasar sialan loe, dasar anak haram loe, hmm. muka kayak bemo aja sok2an bgt,  kamu kok goblok bgt sih, gw sumpahin biar miskin loe, dasar kafir, mati aja loe sono, dasar pemalas, dasar pembawa sial, Fu*k, tolol, bego, teroris sialan, dan kata-kata melaknat lainnya” (maaf, ini hanya sekedar contoh)..  Astagfirullah. . *hmm.. mungkin hati2 dgn menonton TV kali yaa, kata2 ini banyak didapat di acara TV kita dan byk ditiru sehingga menjadi hal yang biasa diucapkan dalam pergaulan. Kata2 sejenis ini dapat mendatangkan Murka Allah*

“Seorang mukmin bukanlah orang yang suka mencela dan bukan orang yang suka melaknat serta bukan orang yang suka bicara jorok dan kotor.” (HR. Al-Bukhari).

“Mencaci maki seorang muslim termasuk perbuatan fasik, dan membunuh sesama muslim adalah tindak kekufuran.” (HR imam al-jamaah, kecuali abu dawus daei inmu mas’ud).

“Orang yang shiddiq tidaklah pantas suka melaknat,” (HR Muslim [2597]).

Melaknat adalah mengutuk, mencela, memvonis sesuatu hal yg belum pasti, dan memaki (pengertian menurut kamus global). Dalam islam, larangan melaknat bukan hanya kepada manusia saja, tapi kita juga dilarang keras oleh Allah untuk melaknat binatang, melaknat benda-benda mati, atau melaknat hari dan zaman.

“Janganlah kalian suka melaknat dengan laknat Allah, dengan kemurkaan-Nya, dan dengan neraka,” (Hasan, HR Abu Dawud [4906]).

kata-kata melaknat emank  terdengar sangat sepele dan sudah menjadi kata2 umum dijaman yg modern ini, tapi kita dilarang untuk mengucapkan atau melaknat sesuatu tanpa adanya dasar, fakta, keterangan dari agama bahwa sesuatu tersebut benar adannya (mirip2 memvonis seseorang yang dosannya bisa jadi ghibah, fitnah, ataupun melaknat). Sungguh sangat berbahaya dan tergolong dosa yang AMAT BESAR).

“Orang yang suka melaknat tidak akan menjadi pemberi syafa’at dan tidak pula syuhada pada hari kiamat.” (HR. Muslim).

Untuk itu marilah kita berhati-hati kawans, kita Jangan suka melaknat sesama. Sebab kalau orang yang kita laknat tidak pantas mendapatkan laknat, maka laknat itu akan menimpa diri kita sendiri. Naudzubillah…

“Sesungguhnya seorang hamba apabila melaknat sesuatu, niscaya laknatnya akan naik ke langit, maka tertutuplah pintu-pintu langit hingga ia (laknat -ed) tak dapat masuk, maka kembalilah ia terhujam ke bumi, akan tetapi pintu-pintu bumi pun tertutup untuknya, maka ia berputar-putar ke kanan dan kiri, dan jika tak menemui jalan keluar (menuju sasarannya), maka ia akan tertuju pada orang yang dilaknat jika memang ia pantas untuk dilaknat, akan tetapi jika tidak pantas, maka ia akan kembali kepada orang yang mengucapkan laknat tadi.” (HR. Abu Daud)

Melaknat sesama muslim pada dasarnya hukumnya adalah haram dan itu banyak disepakati para ulama, tetapi ada pengecualian melaknat terhadap orang2 yang memiliki sifat tercela, melaknat orang2 yang mempunyai sifat tercela diperbolehkan dalam agama. Misalnya seperti Semoga Allah melaknat orang-orang kafir, orang-orang zalim,orang-orang yahudi dan nasrani, orang-orang yang fasih dan orang-orang yang menentang hukum Allah dan lain sebagainya.

Oleh karena marilah kita menjaga lisan kita kawans, kita sebagai muslim harus berhati-hati dan waspada dalam bertindak. Lebih-lebih ketika emosi sedang memuncak, harus benar-benar dikendalikan dan jangan sampai keluar kata bersumpah serapah, melaknat, ghibah, fitnah, menggunjing, dll pada orang lain. Apabila hal itu terjadi, berarti kita telah terperosok kejurang yang sangat menyesatkan. Naudzubillah min dzalik.

“Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada diantara kedua dagunya (lisan) dan apa yang ada diantara kedua kakinya (kemaluan), maka aku akan menjamin untuknya surga.” (HR. Al-Bukhari).

“Sebaik-baik (kualitas) keislaman kaum mukminin adalah orang yang kaum muslimin merasa aman dari (kejahatan) lisan dan tangannya. Sebaik-baik (kualitas) keimanan kaum mukminin adalah mereka yang paling baik akhlaqnya…..” (HR. Ath-Thabrani)

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ya Allah, lindungilah kami dari hal-hal yang mendatangkan murkaMu, kuatkanlah iman dan takwa kami untuk selalu menjalankan perintah dan laranganMu..jauhkanlah kami dari siksa api neraka..  Amiinn..

Wa Allahu A’lam…😀

————————————————————————-

tulisan ini terasa lengkap apabila membaca postingan Lidah tak bertulang dan Orang-Orang Yang Dilaknat Allah.

Sumber Gambar disini

Perihal sapta
Blog ini didesain Khusus sebagai pengingat diri ini agar selalu berpegang teguh pada perintah dan laranganNya..

103 Responses to Bahaya Melaknat.

  1. Mbah Jiwo mengatakan:

    😦 astagfirulloh…

    —————————————–😆

  2. Mbah Jiwo mengatakan:

    idah2…

    ——————————————————–
    maksudte opo iku mbah..😕

  3. Vulkanis mengatakan:

    Makasih banget atas artikelnya,,jadinya saya harus hati-hati ..
    Makasih banget

    ———————————————–
    makasih jg..

  4. Vulkanis mengatakan:

    Harus hati-hati ya Boz…janganlah melaknat

    ———————————————————-
    siippp.. ok..😉

  5. ♥ria♥ mengatakan:

    pencerahan
    makasih yah sharingnya ^^

    ———————————————
    makasih jg..

  6. lyna riyanto mengatakan:

    Astaghfirullah..mudah2an kita semua terhindar dari sikap seperti ini
    terutama yang ibu2 seperti saya

    makasih sudah mengingatkan ya Mas

    ————————————————————–
    aminn..

  7. didot mengatakan:

    iya nih,kadang kebiasaan lama masih suka muncul,mudah2an bisa jadi muslim yg lebih baik lagi kedepannya😀

    ——————————————————————-
    amiinn… semoga..😉

  8. Dahrun Marada mengatakan:

    Terima kasih atas pencerahannya, semoga saja kita terhindar dari melaknat saudara kita sendiri.

    ————————————————————-
    Amiin.. terima kasih jg..

  9. Masdin mengatakan:

    Luka badan tergores pedang masih ada harapan kan sembuh…
    Luka hati tertusuk lidah, kemana obat hendak dicari.

    —————————————————————-
    betul..😉

  10. hellgalicious mengatakan:

    menjaga lisan emang sulit
    kita harus menjaganya baik baik

    ————————————————————–
    siiipp. harus dijaga om…..😉

  11. NURA mengatakan:

    salam sobat
    iya benar memang hidup terasa nyaman ,kalau terhindar dari kejahatan .
    semoga kita semua tidak melaknat sesuatu yang bisa menutup pintu langit.

    ——————————————————
    amiinn..

  12. Goda-Gado mengatakan:

    sy tuh penasaran dengan senyum dibelakang ‘wallahu a’lam”. apa ya itu maknanya?😕

    heheheehe

    melaknat blogger gmn bos??
    *just kidding..

    semoga aku terlindung dr melaknat kepada sesuatu yang tdk haq.
    amiin

    ————————————————————–
    Amiinn… tu gak ada maknannya om..cuma senyum aja.. 😉
    bisa aja melaknat blogger….sapa tau aja ada…. hehe..😀

  13. 'Ne mengatakan:

    terima kasih atas postingannya.. semoga saya terhindar dari hal-hal yang demikian.. lidah memang tidak bertulang ya, mesti hati2 banget nih..

    ——————————————————————
    makasih jg.. ayo kita hati2 dalam berbicara..

  14. Daiichi mengatakan:

    Semoga aja dengan postingan ini banyak yang tergugah.. (termasuk saya tentunya) dan semoga lagi para pembuat sinetron baca ini biar bikin pilm yang berkualitas…🙂

    ——————————————————————–
    Amiin..😉

    • Jorgy Cool mengatakan:

      ya. sinetron harus menampilkan tontonan yang mendidik. semoga ada salah satu dari mereka memperhatikan ini.

      ———————————————————–
      Betul.. semoga..😉

  15. itcompare mengatakan:

    melaknat buruk, tapi melaknat setan, iblis, dajjal, orang yang memusuhi orang yang beriman ?

    —————————————————————-
    itu dibolehkan mas.. coba dibaca sampe habis..pasti ketemu jawabannya… 😀

  16. lukmanjack mengatakan:

    Subhanallah,terima kasih mas sapta telah mengingatkan.Memang lisan begitu susah untuk dijaga tapi mudah mecela.
    Link nya sudah saya pasang Mas😀

    ————————————————————————-
    semoga kita bisa menjaga lisan kita.. Aminn.. link udh aku pasang jg..😉

  17. suri cahaya cinta mengatakan:

    salam..
    jauhilah dari menyakita hati sesama muslim.sebab perkara itu akan di benci olehNYA

    ——————————————————–
    mari kita menjauhinnya..😀

  18. Caride™ mengatakan:

    alhamdulillah..tulisan ini sangat mencerahkan sekali…trimakasih kang tulisannya..

    —————————————–
    semoga bermanfaat..🙂

  19. adizone23 mengatakan:

    makasih atas postingnya mas sapta, terkadang ya sering juga kata2 melaknat seperti itu karena emosi…

    lidah mang lebih tajam dari mata pedang

    ——————————————–
    makasih jg..semoga bermanfaat..

  20. Ifan Jayadi mengatakan:

    Mudah2an aku bisa menjaga lidahku dari kata2 yang tidak baik tersebut karena sesungguhnya perbuatan tsb sungguh tidak mencerminkan ciri seorang muslim

    —————————————–
    Amiinn..

  21. M Mursyid PW mengatakan:

    Kita memang harus senantiasa berusaha menjauh dari segala bentuk perbuatan yang tidak diridloi-Nya.

    —————————————–
    mari kita menjauhinnya..😀

  22. the man with no face mengatakan:

    agama jangan dipercaya secara berlebihan nanti malah jadi teroris. Hidup ini sebenarnya sederhana tetapi manusia yang membuat hidup ini complicated.

    —————————————–
    terserah orang maunya gimana…agama Islam selalu mengajarkan pd kebaikan..klo dipercaya berlebihan kan malah bagus.. mending ngurus diri masing2 aja deh..😀

  23. Ryo4life mengatakan:

    Judul : BISNIS 4LIFE INDONEISA
    alamat L : http://distributor4lifesindonesia.wordpress.com/
    Peranti : Berbisnis

    Blog ini berisi tentang informasi penyakit – penyakit (kanker, jantung, diabetes, HIV, stroke, autisme, lupus, autoimune, dll) yang bisa disembuhkan dengan TRANSFER FACTOR.

    Tq, Rio4life.

    ——————————————
    disini bukan tempat promosi om.. nanti saya sediakan tempat khusus promosi deh..😀

  24. Tary Sonora mengatakan:

    astagfirullahhal azim, semoga kita senantiasa terhindar dari segala perbuatan buruk termasuk melaknat ya🙂

    ——————————————
    Aminn..

  25. aby umy mengatakan:

    semoga kita semua terhindar dari sifat seperti itu
    amin…

    —————————–
    Aminn..🙂

  26. Tyas mengatakan:

    terimakasih nasehatnya, semoga kita terpelihara dari kata-kata yg kotor dan tidak berguna.

    ———————————————-
    Aminn…

  27. fitrimelinda mengatakan:

    selalu lah gunakan kata-kata yang baik..

    semoga kita bisa selalu menjaga lisan kita..

    amiin..

    —————————————————
    Aminnn…

  28. ferdy arfansyah mengatakan:

    astagfirullahhal azim. semoga kita bisa menjaga lisan kita dgn baik.

    ————————————–
    Aminnn…😀

  29. kopral cepot mengatakan:

    “Qaulan Kariem”

    Hatur tararengkyu😉

    ——————————–😀

  30. cempaka mengatakan:

    kak… ini termasuk melaknat ga…..???

    dasar gaje bgt loe!!!!!!!

    😦 hiksss

    ———————————————–
    bisa jadi..😀 tp sebaiknya jgn diucapkan lg.. aku jg udh tobat..hehe..semoga Allah mengampuni kekhilafan kita.. Aminn..🙂

    Wa Allahu A’lam…

  31. Rubiyanto mengatakan:

    Itulah mengapa perkataan itu mestinya di jaga ….

    —————————————
    ya..harus kita jaga..

  32. setyantocahyo mengatakan:

    mga kita sebisa mungkin tidak melakukannya…amiin.

    —————————————
    Aminnn…

  33. Asop mengatakan:

    Bagaimana kalo melaknat kafir?

    ———————————–
    dibolehkan.. coba dibaca sampe habis.. ntar jawabannya ketemu… 😀

  34. julianusginting mengatakan:

    waspada…hati2 ya

    ————————–
    siippp…

  35. om_rame mengatakan:

    sepertinya saya kenaL tuh dengan pak_patah, hehehe…

    kiranya memang beLakangan ini beberapa tayangan di fiLm kurang memperhatikan dari naskah yang sampaikan akan maksud dari tuLisan di atas. semoga kita semua termasuk adik-adik kita tidak terjerumus daLam meniru perkataan yang tidak baik.

    ———————————————-
    Aminnn… syukurlah klo kenal dgn pak_patah..hehe..😀

  36. ditter mengatakan:

    Waaah… benar-benar mencerahkan… Terima kasih banyak atas artikel yg bermanfaat ini….

    http://ditter.wordpress.com

    ——————————————
    semoga bermanfaat..

  37. bertutur sapa yang baik dan sopan akan jauh lebih indah ketimbang ucapan kotor yang menjengkelkan
    perkataan adalah sebagian dari doa, mari kita lebih menjaga…
    Sukses Slalu!

    ————————————-
    mari kita jaga… sukses jg..😉

  38. kikakirana mengatakan:

    emang diam itu emas😦
    jangan” QK becandanya sering kelewatan….

    ————————————
    semoga tidak kelewatan..😀

  39. ImUmPh mengatakan:

    Nauzubillah. Smoga kita smua dijauhkan.
    AMit.. Jaga mulut kita.
    Terimakasih telah mengingatkan/😀

    ————————————
    Aminnn… semoga kita bisa menjaga lisan kita.. 😀

  40. choky ndet mengatakan:

    mari menjaga lisan…🙂

  41. erwinaziz mengatakan:

    diam itu lebih baik dari pada bicara yang tiada berguna🙂

  42. aby umy mengatakan:

    met weekend sahabat
    semoga sahabat dan keluarga sehat selalu🙂

  43. buwel mengatakan:

    astaghfirullohal ‘adzhiim

  44. achen mengatakan:

    Perkataan orang adalah Doa ya kalo laknat… duh duh aduh…

  45. richo mengatakan:

    makanya yah ada pepatah mulutmu harimaumu, bener2 harus di jaga klo tidak jadi sumber bencana. semoga aku bisa senantiasa menjaga amin

  46. arifrahmanlubis mengatakan:

    salam kenal.terimakasih artikenya

  47. Dinda mengatakan:

    terima kasih atas postingannya.. semoga saya terhindar dari hal-hal yang demikian.. amin.

  48. didien mengatakan:

    nice info🙂 untuk selalu menjaga lidah…jangan sampai kalimat yg keluar termasuk dalam laknat

  49. Usup Supriyadi mengatakan:

    sebenarnya bahaya memang tapi bukan berarti kita tidak boleh melaknat, ada aturannya dan adabnya, dan siapa-siapa saja yang wajib dilaknat, contohnya setan dan iblis wajib dilaknat, Yahudi juga tuh…

  50. Thomas mengatakan:

    Nice banget. Mulutmu harimaumu….jadi jagalah semua kata yg keluar…….salam hangat

  51. ummumarwa mengatakan:

    lidahmu harimaumu…
    perkataan yg buruk ternyata berbalik ke kita ya…😦

  52. dedekusn mengatakan:

    Thanks postingannya Mas.. Semoga kita terhindar dari perilaku yag dapat menyebabkan murka-Nya Alah SWT.

  53. om_rame mengatakan:

    biLa kita meLaknat seseorang karena keburukannya, itu sama saja kita Lebih buruk dari priLaku orang tersebut.

  54. orange float mengatakan:

    mari kita jaga ucapan kita agar tidak menyakiti hati orang lain dan tidak menambah dosa bagi diri sendiri

  55. Caride™ mengatakan:

    berkunjung lagi kawan hanya sekedar ingin seilaturrahmi kembali dan baca² artikel yg mencerahkan…

  56. jejak annas mengatakan:

    ASTAGFIRULLAH, HAMPIR SETIAP DETIK DAN MENIT SAYA SELALU MELAKNAT KEPADA SIAPA SAJA YANG KADANG SAYA PIKIR, SUDAH MERUGIKAN ORANG LAEN

  57. ahsanfile mengatakan:

    Aku juga pernah denger kalau kita melaknat sesuatu maka kita gak boleh lagi menggunakan benda tersebut… tapi lupa isi artikel tersebut…

    Iya mas, sekarang semoga gak gampang melaknat sesuatu… belajar bersabar :mrgreen:

  58. bluethunderheart mengatakan:

    wah menarik
    salam hangat dari blue

  59. NoRLaNd mengatakan:

    wah, baru tw saya, ternyata Melaknat ke benda mati pun dilarang, jadi harus lebih bijaksana neh, biar tidak sembarangan memaki sekitar
    trima kasih telah di ingatkan =)

  60. munir ardi wp mengatakan:

    hal seperti ini sering sekali terjadi , karena pemahaman masyarakat yang rendah di bidang agama , makasih pencerahannya

  61. Keping Hidup mengatakan:

    Subhanallah benar-benar harus menjaga lisan.. karena semuanya akan dipertanggung jawabkan – salam

  62. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar mas sapta ?
    Didoakan sihat. lama juga tidak bersapa dan berkongsi ide2 yang bermanfat.
    tulisan tentang bahaya melaknat di atas cukup menggambarkan betapa lidah harus dipelihara agar tidak menjadi saluran kepada menghambur kata-kata yang menyakiti orang lain.

    Semoga Allah mengampuni kita semua andai pernah melakukan kesilapan saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lain.

    Salam mesra selalu dari saya.

  63. Sugeng mengatakan:

    Semoga aku serta keluargaku dijauhkan dari segala macam laknatan dan hujatan kepada orang lain. karena belum tentu orang yang kita hujat derajat keimaman nya jaug dibawah kita. bisa jadi dia lebih utama di mata Allah SWT😆

  64. Blog Keluarga mengatakan:

    Yang penting kuddu hati-hati.. rasulullah juga sudah memberikan contoh yang baik kepada umatnya…

  65. budi haryono mengatakan:

    Assalamu’alaikum..

    yup bener banget.. tapi yang namanya hawa nafsu itu paling sulit dikendalikan..

    Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah..
    Amin..

    ditunggu kunjungan baliknya yah..
    ^_^

  66. Ramdhan mengatakan:

    kunjungan pertaama.. postingan yg mencerahkan.. trm ks atas pencerahannya

  67. Fonega mengatakan:

    harus berhati hati😦
    *salam kenal🙂

  68. Syahroyni mengatakan:

    jangan sampai kita menjadi orang yang sering mencela . . . .

  69. Ping-balik: Ulang Taon Komandan « Oyen punya cerita

  70. yani mengatakan:

    mudah2an terhindar dari laknat melaknat ini.
    tapi memang sangat prihatin di TV kita hal2 itu seperti menjadi konsumsi sehari2😦
    apa kabar sapta? aku lama ngga blogwalking niy dan kulihat tanggal terakhir sapta menulis 25 juni, wow dah vakum hampir sebulan ya?

  71. U-marr mengatakan:

    Memang, melaknat itu tidak baik..

  72. hellgalicious mengatakan:

    belom apdet nih bang?

  73. indahkasihku mengatakan:

    Indah kembali menemui sahabat yang lama tidak dikunjungi. Indahkasihku kembali setelah melalui waktu yang panjang untuk berinteraksi dengan jalinan persahabatan yang baik. Mudahan sahabat sehat selalu. Salam dari Indahkasihku.

  74. K@barNet mengatakan:

    Bagaimana kita melaknat seseorang, padahal laknatan yang kita lontarkan belum tentu benar, bahkan jika salah akan kembali pada diri kita sendiri.

  75. Bangauputih mengatakan:

    yang paling tajam di dunia ini, bukanlah pisau atau sebilah pedang. tapi yang paling tajam adalah lidah manusia. takkala lidah telah melukai, maka takkan tersembuhkan.
    salam

  76. achoey mengatakan:

    semoga saya bisa menjaga diri dari melaknat

    Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
    Salam persohiblogan🙂

  77. Ping-balik: Tentang Murid-murid « Oyen punya cerita

  78. Jabon mengatakan:

    jabon

    wah jangan main main dengn yang beginian

    salam kenal dari saya mr. jabon

  79. Bu Guru mengatakan:

    Bu Guru dan seluruh warga Kampong Jengkol mohon mangap lair batin untuk muridku sekeluwarga…dan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun kemarin dan diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan berikutnya. AMin

  80. Rahad mengatakan:

    berarti aku harus lebih berhati-hati menjaga lidah ya…
    soalnya sering jg mengeluarkan kata2 laknat..
    astagfirulloh..

  81. Cara beli rumah mengatakan:

    nauzubillahi min zalik,….

  82. Goda-Gado mengatakan:

    woe,
    buruan nulis

    keburu kiamat

    hahahaha

  83. Ping-balik: tariadmojo.com mo digusur « Oyen punya cerita

  84. nurhayadi mengatakan:

    NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM

  85. dedekusn mengatakan:

    Semoga kita bisa lebih menjaga lidah dari ucaan melaknat & ucapan2 lain yg tercela…

    Selamat Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir batin…

  86. suri mengatakan:

    salam hari raya sahabtku..

    semoga baik2 sahaja

  87. pelintas batas mengatakan:

    semoga lisan kita selalu terjaga

  88. alief mengatakan:

    semoga saja allah senantiasa menjaga lisan kita agar tetap mendapat barokah darinya

  89. beritaku mengatakan:

    lidah tidak bertulang, tapi bahayanya melebihi pedang

  90. Shafiqah Adia Treest mengatakan:

    nice posting …

    maacih tuk infonya …
    ^_^

    kunjungan pagi …

  91. aisharainbow mengatakan:

    ada peribahasa arab,tp sy lupa bhs araby hehehe
    lidahmu bisa lebih tajam dari pedang
    krn perkataan yang menyakitkan akn melukai hati seseorg layaknya luka tsayat pedang

    syukron bwt tausiyahnya😉

  92. lyna riyanto mengatakan:

    Insya Allah
    Akan selalu menjaga lisan
    terima kasih tausiyahnya🙂

  93. explorer mengatakan:

    ijin copy artikelnya ya …

  94. nanangrusmana mengatakan:

    blog walking…..menyapa.
    makasih telah diingatkan.

  95. choirunnangim mengatakan:

    sungguh luar biasa apa yang ada didalamnya..
    semoga yang menulis selalu mendapat rahmat dari-Nya..

  96. rita saja mengatakan:

    assalamualaikum
    semoga kita senantiasa bisa menjaga lisan kita,, amin

    semoga kita semua selallu mendapat rahmatnya..

  97. Nuraeni mengatakan:

    mudah”an kita senantiasa di lindungi oleh-NYA…….

  98. xamthone plus mengatakan:

    hmm.. posting yang bgus.

    amin.

  99. Obat Herbal Ace Maxs mengatakan:

    subhanallah ..astagfirullah haladzim..
    jauhkan dari segala perbuatan maksiat

  100. Pulau Tidung City mengatakan:

    Ya, karna sumber perpecahan dan permusuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s