Keluarga penikmat iman.

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. 13:28)

Assalamualaikum, Mau cerita dikit nih tentang kekagumanku pada sosok keluarga ini. Ya, tiap hari minggu pagi saya sempatkan diri untuk berolahraga ringan, setiap selesai olahraga saya langsung mampir di warung sederhana yang menjajakan makanan dan kue2 khas jawa timur. Saya sempat bingung dan heran dengan keluarga pemilik warung itu. Warungnya terasa sejuk dan nyaman. Gak heran knp byk bgt pembelinya. Saya kagum dgn keluarga wajah2 pemilik warung itu, terasa sejuk dipandang mata apalagi wajahnya terlihat bercahaya dan selalu nampak tersenyum walau tidak lg dalam keadaan tersenyum.

Warungnya sangat sederhana, tp entah kenapa warungnya sangat nyaman untuk berada disitu. Warungnya selalu ruamee. Saya sempat bingung jg, rahasiannya apa sih, kok daya tariknya kuat bgt.๐Ÿ˜€ saya sempat berbincang sama bapak itu, nampaknya beliau orang yg paham betul masalah agama. Ia selalu berpesan klo hidup ini harus selalu ikhlas, harus taat pada perintah dan laraganNya dan jangan menunda waktu sholat klo sudah tiba waktunnya dan tentunya sholat dimasjid. Subhanallah, beliau yang sederhana tapi memanajemen keluargannya begitu indah, benar2 mengamalkan apa yg diucapkannya jika dilihat dari tingkah lakunnya. Walau hidup sederhana, tp beliau selalu berpesan kepada keluargannya untuk selalu bersedekah apapun bentuknya. (katanya padaku).

Saya sempat memperhatikan cara berbicara antar keluarga itu baik antara bapak dan ibu ataupun anaknya, sungguh sangat lembut dan enak didengar. Tata bicara yg lembut dan halus sehingga yg mendengarnya senantiasa akan selalu tersenyum dan memahami apa yg diucapkannya. Keluarga yang romantis. Aku takjub ketika anak wanitanya datang dan berbicara pada ayahnya dan pembelinya (termasuk saya), tutur katanya begitu halus dan bersahaja. Pesona jilbab dengan Wajah yang bercahaya dan sejuk dipandang mata membuatku jatuh hati terpana pada pesona kepribadianya. Begitu Lembut dan menyejukkan hati. (moga nantinya mendapatkan istri seperti itu amin.๐Ÿ˜€ )

Itulah iman, nampaknya keluarga itu sedang menikmati puncaknya kenikmatan iman, kenikmatan iman yang membawa hati selalu diliputi ketenangan dan kebahagiaan duniawi dan Insya Allah kebahagiaan akhiran pun digenggamnya. bila hati merasa seperti itu, maka apapun keadaan kita maka kita akan selalu bersyukur dengan penuh kebahagiaan meski diberi ujian berat sekalipun. subhanallah sungguh indah mendapat kenikmatan iman seperti itu.

mungkin inilah sebabnya kenapa wajah penguhi keluarga ini selalu terlihat tersenyum, nampaknya kenikmatan iman sedang dirasakannya, kehidupan yang jauh dari segala macam kemaksiatan, segala macam tipu daya duniawi yang megah dan indah tapi hanya fatamorgana, jauh dari segala macam ketamakan harta dan hiasan duniawi lainnya. Hidup dalam ketenangan dengan menikmati indahnya iman dimana Allah selalu berada didekatnya, jikalau Allah sudah dekat pada dirinnya insya Allah dunia dan akhirat pun digenggaman tangannya.

beliau termasuk yang tidak banyak bicara, bila bicara kepada pembelinnya, isinya tiada lain ilmu dan nasehat. beliau pernah berkata bahwa kebahagiaan itu ada di dalam hati, ketenangan itu ada di dalam hati, bila kita telah mendapatkan puncak kenikmatan iman, maka hati kita selalu diliputi ketenangan dan kebahagiaan. Kebahagiaan akan diraih apabila hati ini dipenuhi dengan keimanan. hati yang hidup dan tujuannya hanya pada Allah.

beliau mungkinย  tidak mempunyaiย  harta berlimpah, namun Allah beri beliau harta yang lain yang lebih berharga dan menyejukkan hati yaitu istri beliau yang solihah dan sangat penurut termasuk anak-anaknya yang rajin beribadah dan juga penurut. Itulah harta yang sesungguhnya, harta yang benar2 dirindukan sahabat2 nabi dahulu. Subhanallah. (semoga keluargaku kelak seperti itu amin).๐Ÿ˜€

pernah beliau menasehati saya agar hidup ini jangan melulu memikirkan dunia, sibuk menumpuk-numpuk harta yang banyak, namun perbanyaklah ibadah dan beribadah sepenuh hati kepada Allah karena itulah bekal di akhirat kelak itulah harta satu-satunya setelah mati (AMAL), harta dunia tidak di bawa mati. Hidup ini harus dijalani dengan ikhlas dan ridho apapun ketentuan yang telah Allah tetapkan untuk kita, jangan mengeluh dan berprasangka buruk kepada orang lain apalagi terhadap Allah, tetapi ikhlas dan ridho. Itulah kunci kebahagiaan. Subhanallah. ย Keluarga yang dapat dijadikan contoh tauladan, semoga keluarga kita kelak menjadi keluarga seperti itu, keluarga sakinah yang dapat menikmati indahnya iman, menikmati rahmat dan ridho Allah. Amin.ย ๐Ÿ˜€

โ€ Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalahย  penjaga-penjaganya kepada mereka: โ€œKesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnyaโ€. Dan mereka mengucapkan: โ€œSegala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki.โ€ Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramalโ€(S.39 Az-Zumar 72-74).

Yuk tingkatkan iman dan takwa kita..!!!

๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

cinta hanya pada Allah.๐Ÿ˜€

Perihal sapta
Blog ini didesain Khusus sebagai pengingat diri ini agar selalu berpegang teguh pada perintah dan laranganNya..

50 Responses to Keluarga penikmat iman.

  1. didot mengatakan:

    orang banyak bingung dengan kekosongan dalam hidup mereka,punya segalanya tapi merasa hampa hidupnya. jawaban semua masalahnya itu sebenarnya adalah Allah,bila Allah tujuan kita,maka segalanya jadi mudah,segalanya jadi penuh makna,karena hakekat kita diciptakan adalah agar beribadah kepadaNYA๐Ÿ™‚

    “betul sekali dan setuju..” ๐Ÿ˜€

  2. Ifan Jayadi mengatakan:

    Senangnya bisa memiliki keluarga seperti itu. Segala sesuatu disandarkan dengan ikhlas hanya kepada Allah SWT semata.

    “semoga keluarga kita seperti itu kelak.. amin..”๐Ÿ˜€

  3. jejak annas mengatakan:

    saatnya segera kembali pada dustur yang kekal….

    “betul”๐Ÿ˜€

  4. Asop mengatakan:

    Ya Allah… membaca postingan ini saya menjadi kagum dan takjub juga… Semoga kita bisa membentuk keluarga yang seperti itu, ya.๐Ÿ™‚

    “aminn..”๐Ÿ˜€

  5. Usup Supriyadi mengatakan:

    Subhanallah, sebuah contoh keluarga yang dapat kita jadikan ibrah bagi kita, khususnya diri ini yang insha Allah dalam waktu yang tidak lama lagi meniti bahtera rumah tangga (amin) . sukron atas berbagi kisahnya, semoga kita pun akan dikarunikan keikhlasan dalam segala kehidupan kita .๐Ÿ˜€

    “amin.. semoga kita dapat mencontohnya dan menjadi keluarga yg dapat menikmati indahnya iman..”๐Ÿ˜€

  6. Arif R. mengatakan:

    saya selalu dapat inspirasi dan pencerahan tiap datang ke blog mas sapta ini,,

    “alhamdulillah..semoga bisa bermanfaat”๐Ÿ˜€

  7. trisnok mengatakan:

    cerita yang bagus๐Ÿ™‚ hati yang bersih, tulus akan tercermin diwajah ini..sekalipun kita tidak memiliki apa2…asal kita memiliki iman dan hati๐Ÿ™‚ niscahaya….hidup ini akan terasa bahagia๐Ÿ™‚ dan kita akan selalu diberkatiNya

    “ya betul sekali..hati akan bahagia jika kita mengenal siapa yg mencipkakan kita”๐Ÿ˜€

  8. zhie mengatakan:

    jadi sering ke situ ya kak???๐Ÿ˜•
    tapi jgn karena ada anak gadis si bapak penjual itu yak๐Ÿ˜‰

    “iya.. hehe..”๐Ÿ˜€

  9. zhie mengatakan:

    barakallahu fiikum๐Ÿ˜‰

  10. bayuputra mengatakan:

    Bahagia sekali memiliki keluarga seperti itu … persis seperti keluarga saya … heee …. ikutan senang juga.

    “alhamdulillah.. senang sekali punya keluarga seperti itu.. sama seperti saya jg.. hehe..”๐Ÿ˜€

  11. fitrimelinda mengatakan:

    subhannallah..๐Ÿ™‚

    salam kenal..

    “salam kenal jg”๐Ÿ˜€

  12. yangputri mengatakan:

    subhanaallah….
    indah dan bahagianya mempunyai keluarga seperti itu

    picnya bagus banget

    “iya..emank indah dan bahagia.semoga kita bisa mencontohnya ya mbak.. picnya aq jg suka..”๐Ÿ˜€

  13. yanrmhd mengatakan:

    semakin bersyukur makin ditambah nikmat,
    dan sedekah membuka pintu rejeki ๐Ÿ™‚

    “betul sekalai sahabat”๐Ÿ˜€

  14. dedekusn mengatakan:

    Insya Allah kali kita terbiasa mensyukuri nikmat-Nya, menyerahkan segalasesuatu pada Allah SWT, akan tercipta keindahan hidup, tercipta keluarga yang selalu menikmati iman, walau prakteknya kadang banyak kendala.

    “sebanyak apapun kendalannya klo diniatkan dan diwujudkan dalam tindakan insya Allah akan terwujud.. smoga kita bisa.. amin.. ”๐Ÿ˜€

  15. delia4ever mengatakan:

    Itulah keluarga yang lia harapkan..๐Ÿ˜€

    Ketika kita begitu mensyukuri nikmatnya… pancaran keiikhlasan akan terlihat dari wajah kita…

    Terima kasih mas sapta renungannya…
    Membuatku terdiamT_T

    “betul sekali.. semoga apa yg diharapkan mbak lia dapat diwujudkan Allah.. amin..”๐Ÿ˜€

  16. rose mengatakan:

    sungguh keimanan itu bak cahaya …. barang siapa yang menetapinya, cahaya pun kan bersamanya…. lahir dan bathin

    “betul sekali.. semoga cahaya itu dapat kita raih setiap saat.. amin..”๐Ÿ˜€

  17. sunflo mengatakan:

    betul sapta, keimanan lah yang membuat cahaya itu nyata dalam perilaku kehidupan manusia…
    welkam bek, brother, setelah sekian lama tak bersua n ga apdet2….๐Ÿ™‚

    “setuju.. iman dapat kita raih apabila kita mengenal siapa yg menciptakan kita… iya nih.. balik lagi tp gak terlalu aktif gt..masih banyak kesibukan… heheh..๐Ÿ˜€

  18. Lilah haryoko mengatakan:

    Ungkapan yg indah utk rohani kita, salam…

    “semoga kita dapat mengambil manfaat..”๐Ÿ˜€

  19. Bunglon mengatakan:

    Begitulah rahmat yang diberikan oleh ALLAH kepada orang2 yang senantiasa beriman kepadaNYA, maha besar ALLAH…
    keluarga yang patut untuk diteladani..

    Sukses Slalu!

    “setuju.. semoga keluarga kita kelak seperti itu.. amin.. sukses jg bro.”๐Ÿ˜€

  20. mycorner mengatakan:

    Istri yang solihah adalah harta yang tidak ternilai.. semoga mendapatkannya ya mas MZ amiin๐Ÿ˜€

    “amiiinn..”๐Ÿ˜€

  21. wigati mengatakan:

    Yuk..๐Ÿ™‚ semangat mewujudkan keluarga yang sama berbahagia dijalanNya, apalagi sampai menginspirasi banyak orang begitu…

    “ayuk.. semoga bisa jadi teladan.. ”

  22. cempaka mengatakan:

    yukkk…. >_< hhehe

    semoga kita tidak pernah lupa untuk sellau bersyukur…

    dan semoga selalu istiqomah

    ๐Ÿ˜€

    “aminn..”๐Ÿ˜€

  23. diazhandsome mengatakan:

    keluarga yg sakinah warohmah mawadah itu…๐Ÿ˜€

    “betul om diaz..”๐Ÿ˜€

  24. M Mursyid PW mengatakan:

    Ya…ya…, kita kadang tanpa sadar sudah terlalu materialistis. Di tempat kerja saja yg sering sy dengar ya rumpian seputar mobil, rumah, dll yg melulu bersifat kebendaan.
    Thank you, tulisan ini jadi mengingatkan kita.

    “semoga kita bisa mengambil manfaatnya..”

  25. Meliana Aryuni mengatakan:

    Subhanallah…penghayatan hidup yang mendalam akan nilai hidup dari seorang yg sederhana namun pemikirannya ‘mewah’….

    Aamiin, knp nggak ngomong lgsung dgn bapaknya, pasti deh dpt yg sama seperti anak gadisnya, hehehe….

    “bahaya ntar klo ngomong ke bapaknya.. ntar gimanaa gt… heheh..”๐Ÿ˜€

  26. shafiragreensulaiman mengatakan:

    subhanallah..mari diamalkan nasihat n resepnya

    “ayuukk.”๐Ÿ˜€

  27. JEJAK ANANS mengatakan:

    subhannalah, membaanya bikin saya merinding., muda-mudahan kita dapat menjadi keluarga penikmat iman, islam dan ihsan… amiennn

    “aminn..”๐Ÿ˜€

  28. Agung Pushandaka mengatakan:

    Hmm.., setiap orang memang punya standar kebahagiaan yang berbeda-beda. Kalau saya termasuk orang yang normal-normal saja. Hehe!

    “normal yg penting bahagia.. heheh..”๐Ÿ˜€

  29. delia4ever mengatakan:

    Assalamualaikum Mas Sapta..
    berkunjung balik๐Ÿ™‚

    maaf oot.. izin tukeran link ya..
    blog bermanfaat ini sudah terpasang di link sobat lia๐Ÿ™‚
    ditunggu balesannya..๐Ÿ™‚

    ====================================
    waalaikum’salam mbak delia..
    link udh aq pasang.. makasih..^^

  30. Deka mengatakan:

    Intinya mah selalu bersyukur. Menarik sekali, khusunya membayangkan anak wanitanya. heheheheh


    =================================================
    setuju om..harus banyak2 bersyukur..๐Ÿ™‚
    jgn membayangkan anak wanitannya.. ntar bahaya tuh…:mrgreen:

  31. bayuputra mengatakan:

    Selamat Hari Senin … Selamat Beraktifitas Kembali….

    =============================================
    makasih mas bayu.. selamat beraktifitas jg..^^

  32. ahmed fikreatif mengatakan:

    wah kang, ngomong wae ente ngesir anake..
    heheheheehe

    Nikmat iman itu gimana ya??
    ya dirasain …๐Ÿ˜€

    ========================================
    naksir.. hehe.. gak lah mas.. cuma kagum ajah..๐Ÿ˜€
    yup,, nikmat itu dirasain..tp bukan dimakan om..:mrgreen:

  33. NURA mengatakan:

    salam sobat
    wah indahnya mas,,keluarga yang menikmati hidup dengan iman dan taqwa serta selalu bersyukur kepada ALLAH swt.

    ==========================================
    iya..emank indah.. semoga kita bisa merasakan indahnya keluarga yg dapat menikmati iman dan takwa..^^

  34. Oyen mengatakan:

    Itulah jika menikah hanya karena Allah, muaranya adalh keridloan Allah semata, dan semoga dengan niat ikhlas kita, kita juga akan dianugerahi Allah manisnya iman dalam keluarga yang kita miliki….nice story๐Ÿ™‚

    =============================================
    aminn… semoga kita bisa merasakannya..๐Ÿ™‚

  35. hellgalicious mengatakan:

    subhanallah
    betapa bahagianya kalo punya keluarga seperti itu
    heeemm

    ==========================================
    iya… bahagia sekali… hemm jg..๐Ÿ™‚

  36. si3 mengatakan:

    Subkhanallah benar2 sakinah mawadah waramah…

    =====================================
    iya.. nampaknya keluarga sakinah..semoga kita bisa mengambil sebagai contoh..๐Ÿ™‚

  37. hanyanulis mengatakan:

    Kalo bagi saya, ekpektasi dan destinasi terbesar dalam hidup adalah agama. itu merupakan basic dasar untuk membangun segala kebahagiaan, baik kebahagiaan persoanl atau pun kebahagiaan bermasyarakat (berkeluarga)…Apapun yang dijalani atas dasar mengabdi kepada Allah, selalu indah dan bikin kita senantiasa dicerahkan jalan hidupnya๐Ÿ™‚

    =====================================================
    begitupun jg dengan pemahaman saya.. agama adalah dasar untuk dijadikan segala kegiatan krn agama selalu memberikan jalan keluar dan terdapat jalan keluar dari segala macam permasalahan..๐Ÿ™‚

  38. achoey mengatakan:

    semoga hamba termasuk sosok yg beriman

    salam semangat!

    =============================
    aminn… salam semangatt..๐Ÿ™‚

  39. dedekusn mengatakan:

    Mudah2an sy & keluarga termasuk orang yg selalu menikmati iman … Amin ya Allah ya Rabbal’alaminn..


    ========================
    aminn.. semoga dijabah Allah dan menjadi keluarga sakinah yg dapat menikmati iman..^^

  40. Afif logicprobe10 mengatakan:

    luar biasa, selalu ada pencerahan disini๐Ÿ˜€

    ===========================
    alhamdulillah.. semoga bisa diambil manfaatnya..๐Ÿ˜€

  41. achoey mengatakan:

    Siang sobat๐Ÿ™‚

    ==============
    pagi sobat..๐Ÿ˜€

  42. setiap kita mendambakan keluarga yang bersahaja,…
    cerita na bagus banget dey,…

    ===================================
    iya.. itu keluarga idaman setiap manusia.. makasih..๐Ÿ™‚

  43. khatulistiwa mengatakan:

    semoga kita selalu mendapatkan anugerah…mendapatkan / membina keluarga yang baik. semoga ceritanya banyak menginspirasi orang lain

    ====================================
    aminnn.. semoga kita bisa mengambil manfaat..๐Ÿ™‚

  44. achoey mengatakan:

    Salam Hati nan Damai

    ======================
    salam semangatt..๐Ÿ™‚

  45. Enutd mengatakan:

    Alhamdulillah…bersyukur yaa.. punya kluarga spt itu

    =======================================
    iya, bersyukur bgt.. semoga kita bisa mencontoh beliau..๐Ÿ™‚

  46. ade mengatakan:

    sangat bermanfaat..

    bagus sekaliโ€ฆ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s