Takabbur dan Ujub (kagum pada dirinya).


“tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinnya terdapat kesombongan sebesar biji sawi. Dan, tidak akan masuk neraka orang yang dalam hatinya terdapat keimanan sebesar biji sawi.”
(HR.Muslim).

Takabbur dan takjub (kagum) dengan dirinnya sendiri termasuk dosa yang membinasakan. Obat takabbur  adalah tawadhu (rendah hati). takjub kepada diri sendiri akan menghapuskan amal shalih serta menyebabkan seseorang mendapat siksa didunia dan di akhirat.

“Sifat ujub adalah kekagumanmu pada dirimu sendiri, sehingga kita merasa bahwa kita lebih mulia dan lebih tinggi derajatnya dari saudara-saudara kita yg lain. Ujub (kagum) itu dapat memicu kita untuk melupakan dosa dan meremehkannya. Pelakunnya tertipu dengan dirinya sendiri, dengan pendapatnya dan  merasa aman dari laknat Allah beserta siksanNya. ia merasa hebat, memiliki kedudukan disisi Allah, berjasa pada dirinya sendiri, merasa memiliki hak berbuat segalannya karena amal shalihnya. Dibalik itu sesungguhnya Ia lupa bahwa itu semua adalah nikmat dan karunia pemberian Allah semata.

*

Ujub (kagum) menyebabkan dirinnya suka memuji dirinnya sendiri, menyangjungnya, menganggapnya lebih baik dari pada pihak lain dan bahkan menganggapnya suci. Allah melarang seseorang yang menganggap suci dirinya sendiri.

“maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (An-Najm {53}: 32).

Siapapun yang merasa takjub dengan dirinnya sendiri, pendapatnya, kemampuannya, amal, pikirannya, dll, hal itu akan menghalanginnya dari mengambil manfaat, saran, kritik, dan nasehat dari orng lain. Ia merasa hebat, keren, pintar, dan menganggap remeh orng lain dimana apabila ada ide atau karya orng lain yg lebih baik ia tidak menyukainnya dan menganggap orng itu bodoh,remeh, rendah, dll.

Rasulullah bersabda :

“Taburkanlah tanah ke muka orang yang suka menyanjung”

Ujub (kagum) termasuk sifat yang membinasakan. Sebab itu adalah perbuatan setan, setan yang selalu ingin menyesatkan manusia. Setan  menjamin jika seseorang sudah terjangkiti sifat itu, ia akan mudah melakukan dosa-dosa yang lain yang disukai setan itu.

“sesunguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinnya.” (Asy-Syams {91} :9-10)

Semoga kita dijauhkanoleh Allah dari sifat dan tingkah laku ujub ini

😀😀

.

Perihal sapta
Blog ini didesain Khusus sebagai pengingat diri ini agar selalu berpegang teguh pada perintah dan laranganNya..

20 Responses to Takabbur dan Ujub (kagum pada dirinya).

  1. didot mengatakan:

    alhamdulillah diingatkan kembali,ini memang sifat paling bahaya mas,kalo dosa lain keliatan ,tapi dosa yg satu ini kadang halus gak terasa…

    sifat ini yg menyebabkan iblis keluar dari surga,firaun mati dilaut ,dan qarun ditenggelamkan di hartanya😯

    Sebenarnya apakah yg pantas kita sombongkan? kita gak punya apa2 kan pada hakekatnya? semua aja boleh dipinjamkan??

    astagfirullah ,aku berlindung kepadaMU ya rabb dari sifat2 takabur dan ujub serta riya,berikan aku sifat rendah hati dan keikhlasan,agar terhindar dari amarahMU kelak.

    syukron 🙂

    “amin, semoga kita semua dilindungi Allah dari sifat ini. emank sifst ini sangat berbahaya, tanpa disadari kita dapat melakukannya disetiap gerak dan langkah, yg terpenting luruskan niat hanya pada allah. makasih ada tambahan komentarnya.”^^

  2. sauskecap.com mengatakan:

    waduh, saya termasuk orang yang suka narsis di blog… kayanya harus mulai ngurangin nih…

    “iya, mendingan dikurangin mbak, narsis biasannya dilihat dari niat, ada yg narsis kn udh niat dan ada jg yg krn tuntutan.. jd mendingan dihindari aja kedua2nya.”

  3. fansmaniac mengatakan:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Astaghfirullahhaladjim… kadangkala saya suka takabur dan merasa tinggi hati, dengan artikel ini saya menjadi sadar betapa besar kebodohan saya. Untuk kesombongan besar saya rasa bisa dengan mudah kita hindari tetapi Mungkin riya’ kecil itulah yang selalu menempeli kita… dan bahkan dikala kita merasa tidak angkuh secara tidak sengaja kita sudah tinggi hati dgn diri sendiri. Terima kasih atas syiar yang disampaikan ini sobat… Syukron

    Salam Kenal

    “alhamdulillah.. ya betul, kadang kita tidak menyadarinnya dalam melakukan perbuatan itu, tp itu biasanya berasal dari bujuk rayu setan, semoga kita bisa dikuatkan iman dan takwannya oleh Allah. salam kenal jg sobat..”😀

  4. Putri Fatimah mengatakan:

    Semoga aja, jadilah mejadi diri yang rendah hati dan tidak sombong

    Salam kenal tks atas kunjungannya

    “amin.. salam kenal jg” ^^

  5. Bee'J mengatakan:

    moga kita dihindari dari sifat-sifat tersebut, Amiin…

    “amin..”

  6. mycorner mengatakan:

    orang takabbur itu tidak mengetahui siapa dirinya di alam raya ini.. syukron nasihatnya..

    “betul, semoga kita dijauhkan Allah dari sifat itu..amin..”

  7. surihati_ku mengatakan:

    salam kunjugan kembali..
    Allah..jauhkanlah sifat itu dari ku..amin..🙂

    “amin”^^

  8. NURA mengatakan:

    salam sobat
    karena dosa yang membinasakan,,makanya kita semua menghindari perbuatan ujub /takabur ini.
    segala yang kita punya ngga ada yg pantas kita sombongkan..

    “ya betul bgt.. semoga kita bisa dikuatkan Allah untuk terhindar dari sifat ini.. amin”

  9. dedekusn mengatakan:

    Terima kasih telah mengingatkan, semoga kita selalu terhindar dari sifat takabbur, ujub dan sifat2 tercela lainnya

    “amin..”

  10. dikma mengatakan:

    subahanallah.
    terimakasih sudah mengingatkan

    “alhamdulillah.. sama2..”

  11. fanz mengatakan:

    semoga allah menghindarkan sifat tersebut dari hati kita.. amin.. salam kenal mas🙂

    “amin.. salam kenal jg”

  12. sunflo mengatakan:

    betul…betul… tak akan masuk surga bagi org yg memiliki kesombongan karena yang berhak untuk sombong hanya DIA… terimakasih atas sharingnya

    “betul, trimakasih kembali mbak”😀

  13. Shafiqah Treest mengatakan:

    ^_^

    assalamu’alaikum …

    syukron udah mampir n comment’y …

    linkback y …

    “waalaikumsalam.. iya dilink back..”^^

  14. engkaudanaku mengatakan:

    Astaghfirullaahal’adziim….
    Sungguh, berlindung kita kepada Allah subhanahu wata’ala dari sifat yang demikian…

    Salam,🙂

    “amin.. salam jg..”😀

  15. kikakirana mengatakan:

    Sepertinya memang menakutkan terjangkiti penyakit setan yang satu itu….
    wah lha terus kalo orang” yang suka narsis itu termasuk ujub nggak ya?

    HIDUP!!! ^_^

    “tergantung dari niatnya, segala sesuatu akan terlihat dari niatnya, klo niatnya ingin membanggakan dan memamerkan dirinnya ya bisa termasuk kategori itu, tp ada jg yg niatnya hanya sebuah tuntutan atau yg lainya. penyakit ini biasannya timbul tanpa kita sadari.. semoga kita bisa dihindarkan Allah dari sifat yg seperti itu..wallahualam”😀

  16. Oyen mengatakan:

    sifat yang tidak layak untuk melekat pada manusia, karena sesungguhnya kita tak memiliki apapun, semua adalah titipan dan amanah Allah yang kelak akan dipertanggungjawabkan di hadapanNya…semakin banyak yang dititipkan ke kita semakin berat pula amanah yang akan kita pikul…

    semoga kita dijauhkan dari sifat takabur dan ujub..amin

    “amin”

  17. khatulistiwa mengatakan:

    semoga saya terhindar dari sifat jelek ini..tapi pada umumnya kita sering kali melakukan ujub kecil, contoh kecil mungkin kita sedikit sombong tak kala melihat blog orang lain dengan pagerank 1, karena mungkin kita punya blog pagerank 3 atau lebih…

    “yaitulah yg harus kita waspadai.. sifat ini kadang munculnya tanpa kita sadari, mengalir begitu saja.. semoga kita bisa terhindarkan dan dilindungi Allah dari sifat itu..”

  18. yanrmhd mengatakan:

    ujub hanya akan memakan amal baik kita…
    smoga terhindar, smoga terhindar (smbl ngusap dada)..
    tetap smangat menuju perubahan yg lbh baik,,,

    salam,,😀

  19. hamid mengatakan:

    Jazzakumullah, semoga dikuatkan oelh Allah.

  20. Pulau Tidung mengatakan:

    Sombong itu menyebalkan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s