Musibah dan Introspeksi

Belakangan ini indonesia selalu dihinggapi berbagai macam bencana. Rasanya indonesia tidak dapat terlepas dari bencana yang tiap tahun datang. Entah itu banjir, longsor, gempa bumi, tanah longsor, dll. Hal itu tentunya tidak diinginkan setiap manusia (termasuk saya). Apa yang menjadi musibah tentunya atas izin Allah. Allah mempunyai kuasa yang besar atas bumi dan makhluknya untuk melakukan apa saja termasuk menurunkan bencana.

Dari turunnya bencana, ada manfaat dan hikmah yang dapat kita ambil. Instrospeksi terhadap diri sendiri merupakan hikmah yang paling utama diambil untuk mengetahui dimana letak kekurangannya. Karena apapun yang dialami manusia (termasuk bencana), tidak lain termasuk perbuatan dirinya sendiri.

“dan, musibah apa saja yang menimpa kamu, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kamu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (kesalahan-kesalahan kamu).” {QS.Asy-Syura: 30}

Betapa banyak manusia yang ditimpa musibah, bahkan terkadang didera dengan bermacam-macam musibah yang bertubi2, tetapi kita tetap buta, tidak mengetahui apa penyebabnya. Padahal  bisa jadi itu karena kezaliman diri kita sendiri, kezhaliman thdp orang lain, kezaliman terhadap bumi dan lingkungan, dan atau kezaliman terhadap binatang yg kesemuannya itu kita tetap saja lupa dan tidak tau.

Kita sebagai orang muslim harus cerdik dan bijak dalam mengambil hikmah, melihat kembali sejauh mana kelalaian kita, menyadari apa yg dilalaikan baik yang menimpa diri sendiri atau keluarga/harta kita. apakah Banyak dosa yang kita lakukan diatas bumi Allah atau tidak. Cobalah mari kita renungkan kembali. Renungkan bagaimana kebesaran Allah, kasih sayang Allah pada kita, nikmat yang diberikan dll.

Musibah dan hal-hal tidak menyenangkan yang terjadi pada manusia, ibaratnya adalah peringatan dan teguran yang disampaikan secara tiba2 agar kita mau introspeksi. Dengan introspeksi, orang yang lalai menjadi sadar, orng yang lupa menjadi ingat betapa pentingnya beriman dan bertakwa pada Allah. betapa besarnya kuasa Allah.

Marilah kita menjauhkan diri dari sifat munafik, sifat yang apabila ditimpa berbagai macam musibah dan peringatan, dia tidak mau bertobat dan tidak sudi mengindahkan peringatan. Bahkan hukuman Allah yang dijatuhkan kepadannyapun ia sekalipun tidak mau mengetahui dari mana datangnya. Ini merupakan penyakit hati yang sudah kritis, apabila ia sakit, ia tidak merasakannya lagi. Semoga kita dijauhkan Allah dari penyakit akut ini.

“dan, tidaklah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, kemudian mereka tidak bertobat, dan tidak pula mengambil pelajaran.” (QS.At-Taubah: 126)

.

Marilah instrospeksi dan menjaga lingkungan kita

Allah membenci orang2 perusak.

😀😀

Perihal sapta
Blog ini didesain Khusus sebagai pengingat diri ini agar selalu berpegang teguh pada perintah dan laranganNya..

10 Responses to Musibah dan Introspeksi

  1. wigati mengatakan:

    Mari😀

    “yuukk..”😉

  2. Meliana Aryuni mengatakan:

    Semoga ujian2 dalam bentuk musibah dapat kira sikapi dengan berubah lebih baik….

    “amin, moga kita selalu introspeksi dan tetap berada dijalanNya”

  3. didot mengatakan:

    musibah ada dua seperti kata bu guru oyen,ada yg disebabkan oleh manusianya sendiri dan memang ada yg dari Allah yang menyebabkan hal itu terjadi,bisa sebagai azab bisa sebagai peringatan,wallahualam

    “ya betul, moga musibah tidak lagi menimpa bangsa ini dan bangsa ini diridhoi Allah”

    • Oyen mengatakan:

      jiah, Pak didot …kenapa nama Oyen di bawa-bawa…🙂

      “iya tuh..”😉

      • didot mengatakan:

        karena saya ingat kamu pernah komen ini di blog saya yen ,makanya biar gak kena UU hak cipta saya pakai nama juga dong hehehehe:mrgreen:

        “betul, ntar pak didot di somasi lg, kan bahaya bisa bangkrut klo diminta ganti rugi ratusan juta.. hihi..:mrgreen:

  4. Oyen mengatakan:

    tunggu dulu…sebelum Oyen komeng lebih jauh, ini blognya muridku bukan? Ada dua neh sama yang http://interisty.wordpress.com/ ?….

    wew…hebat euy, makin pinter aja muridku…Ayo budayakan membaca dan menulis, Ayo SEJAHTERAKAN Oyen !!!!

    “ayo sejahterakan oyen..”😀

  5. Oyen mengatakan:

    tapi kalo muridku, kenapa manggil bu guru mas yaa…bingung.mode.on…

    HAYO NGAKUUUU…..!!!!😥

    “sapta: :mrgreen::mrgreen::mrgreen:

  6. Abi Sabila mengatakan:

    Innalilahi wa inna ilaihi rojiuun. Tetap sabar dan sadarlah bahwa setiap musibah yang datang, adalah Allah telah mengizinkannya. Jalani dengan ikhlas, tulus dan ambilah pelajaran serta hikmah dibalik setiap musibah, agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi. Badan boleh sakit, harta boleh hilang, tapi hati janganlah tersesatkan. Mari ambil keuntungan dari setiap musibah sebagai titik awal untuk perbaikan pendekatan diri kepada Allah SWT. insya Allah….

    “marilah kita introspeksi dan tetap berada dijalan Allah. makasih atas tambahan dan komentarnya”😀

  7. FiyaFiya mengatakan:

    Yang penting tetap semangat dan JANGAN MENYERAHH

    “yup, betul bgt.. jangan menyerah seperti yg dilagunnya the nasib..”😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s