Dosa dan Azab Anak Durhaka

“dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah, dan durhaka kepada orang tua, dan membunuh manusia dan sumpah palsu”. (H.R. Bukhari).

Pernahkan kita membuat orang tua marah, kesal, membuat orang tua kecewa, berbuat angkuh, mengucapkan kata dengan tidak sopan, menatap ortu dengan pandangan mata yang tajam, memaki ortu, bersikap keras dan mengabaikan ortu, pergi keluar rumah tanpa ijin, bahkan membuat ortu menangis sedih krn ulah kita.? (naudzubillah).

Perbuatan2 itu  dalam Al-qur’an dan hadist  termasuk dalam dosa besar. Allah membenci makhluk yg durhaka terhadap orang tuannya, sampai2 Allah memberikan siksa dan ancaman hukuman yang pedih bukan hanya diakhirat kelak, tp disegerakan Allah siksanya didunia.

Orang tua kita adalah makhluk mulia yg wajib dihormati, dalam tata krama islam terhadap orang tua, ada Rambu-rambu agar kita berhati-hati sepanjang hari dan terhindar dari dosa yg menakutkan (dosa terhadap ortu). sebab ada hal kecil, sederhana, dan dianggap remeh tetapi bisa melukai hati dan membuat orang tua tidak ridha kepada kita. Dosa2 terhadap orang tua harus diwaspadai, sebab dosanya sangat besar apabila kita telah melakukannya.

Bahaya-bahaya durhaka, azab dan dosa durhaka terhadap orang tua.

1. Haram masuk surga.

“Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluargannya, merelakan istri dan anak perempuan selingkuh)” . [H.R. Nasa’i dan Ahmad].

2. Dimurkai Allah SWT.

“keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, dan murka Allah pun tergantung pada murka kedua orang tua”. (H.R. al-Hakim).

3. Allah tidak menerima shalatnya.

“Allah tidak akan menerima shalat orang dibenci kedua orang tuannya yang tidak menganiaya kepadannya”. (H.R.  Abu al-Hasan bin Makruf)

Ada tiga golongan yang Allah tidak menerima (amal kebajikannya) dari yang sunnah maupun yang fardhu, yaitu durhaka kepada orang tua, orang yang suka mengungkit-ungkit kebaikannya, dan orang yang mendustakan takdir”. (H.R. Thabrani).

4. Dipecat sebagai pengikut nabi SAW.

bukan termasuk dari golongan kami orang yang diperluas rezekinnya oleh Allah lalu ia kikir dalam menafkahi keluargannya”. (H.R. ad-Dailamy).

5. Mendapat “gelar” kafir.

“jangan membenci kedua orang tuamu. Barang siapa mengabaikan kedua orang tua, maka dia kafir”. (H.R. Muslim).

6. Balasan azab dengan segera didunia.

Al-hakim dan al-Ashbahani, dari abu bakrah r.a. dari Nabi Saw, beliau bersauba,

“setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orang tua. sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunnya didalam hidupnya sebelum mati”.

7. Tidak Diampuni Dosannya.

Dari Aisyah r.a. ia berkata, Rasulullah Saw. Bersabda,

dikatakan kepada orang yang durhaka kepada kedua orang tua, “berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku tidak akan mengampuni. “Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orang tua, perbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku mengambunimu.” (H.R. Abu Nu’aim).

8. membatalkan Seluruh Amal.

“ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu (a) syirik kepada Allah, (b) durhaka kepada orang tua, (c) seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu dan jahil”. (H.R. Thabrani).

9. Haram mencium aroma surga.

Bau surga yang radiusnya sejauh 1000 tahun perjalanan itu tak bisa dirasakan oleh orang durhaka. Benar2 dahsyat.

“sesunguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan seribu tahun, dan demi Allah tidak akan mendapatinnya barang siapa yang durhaka dan memutuskan silaturahim”. (H.R.Thabrani).

10. Terputus rezekinnya.

“apabila seseorang tidak meninggalkan doa bagi kedua orang tuannya, maka akan terputus rezekinya”. (H.R. ad-Dailamy).

Seseorang yang Tidak mendoakan kedua orang tuanya termasuk kategori orang yang durhaka terhadap orang tuannya. Oleh karena itu, orang tua wajib mendapatkan doa dari anaknya.

11. Orang yg mendapat Kerugian besar.

sungguh kecewa dan hina, sungguh kecewa dan hina, sungguh kecewa dan hina orang yang mendapati atau salah satunnya sampai tua, lantas ia tidak dapat masuk surga”. (H.R. Muslim).

12. Dibenci Allah.

“Barang siapa ridha kepada kedua orang tuannya, berarti ia ridha kepada Allah. Dan barang siapa membenci kedua orang tua, sungguh dia membenci Allah”. (H.R. Ibnu an-Najjar).

==================

Itulah kenapa islam melarang dan melaknat anak yang durhaka kepada oang tuannyua, dosa dan siksanNya sangat pedih, dosa yg menyebabkan seseorang terjungkal kedasar neraka. semoga kita dapat mejaga perilaku dari hal-hal yang dapat menjadikan kita anak yg durhaka dan mendapat laknat Allah. Naudzubillah..

“Dan rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya”. (Q.S. al-Isra’ [17]: 23).

“Janganlah kamu melihat kecilnya kesalahan, tetapi lihatlah kepada maha besarNya Allah (Dzat) yang kamu tentang”.

(Az-Zahid, bilal bin Sa’ad).

:D :D

sumber gambar disini

Perihal sapta
Blog ini didesain Khusus sebagai pengingat diri ini agar selalu berpegang teguh pada perintah dan laranganNya..

94 Responses to Dosa dan Azab Anak Durhaka

  1. Ifan Jayadi mengatakan:

    Mengerikan sekali azab2nya. Sepatutnyalah kita sebagai seorang anak memuliakan orang tua dengan penuh cinta kasih, karena kalau diukur dengan apapun, pengorbanan orang tua tidak akan mampu kita balas dengan apapun. Ingat tidak kasih ibu sepanjang masa, kasih anak hanya sepanjang jalan.

    “betul sekali mas, orang tua harus dimuliakan dgn cinta kasih, karena itu hak orang tua kpd anaknya…” :D

  2. Abu Ghalib mengatakan:

    nauzubillah minzalik…
    semoga kita diberikan kekuatan iman sehingga tetap istiqomah di jalanNya dan terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela, terutama durhaka kepada kedua orang tua…

    nice post kawan, terimakasih sudah merefleksi hati dan pikiran saya

    salam sukses :D

    “amin.amin..amin.. salam sukses jg gan..” :D

    • abu ghalib mengatakan:

      orang bilang, setelah punya anak barulah kita akan lebih menyadari betapa besar dosa kita terhadap orang tua…

      “ya..betul sekali.. krn kita telah merasakan menjadi orang tua.. :)

  3. kang ian mengatakan:

    pulang ah minta ampun sama kedua orang tua ^^

    “betul,, pulang yaa. udh brp hari gak pulang2 nih??? ntar dicariin lho.. trus gak dikasih uang jajan.. ntar paling ujung2nya nangis.. kan malu dilihat cewek2 cakep.. :mrgreen:

    • kang ian mengatakan:

      jauh pulangnya cuy..udah beberapa bulan malah g pulang2 wkwk
      udah kaya bang thoyib aja ini hihi

      “naik angkot aja.. ayo pulang.. dicari mbak titin lho..” :mrgreen:

  4. kyaine mengatakan:

    stlh saya jd orang tua dan anak2 semakin, sy menjadi makin paham yg dimaksud dng bahaya durhaka kepada org tua, termasuk perbuatan menghardik ortu dng kata “huss!”

  5. kyaine mengatakan:

    stlh saya jd orang tua dan anak2 semakin besar, sy menjadi makin paham yg dimaksud dng bahaya durhaka kepada org tua, termasuk perbuatan menghardik ortu dng kata “huss!”

    “iya pak, kata2 huss dan ah termasuk kata2 yg dapat menyinggung perasaan orang tua yg membuat Ia tidak ridho kpd anaknya.. Insya Allah bentuk2 dan sifat2 kurhakaan anak pd orang tuannya akan saya posting.. makasih udah mampir… :D

  6. cempaka mengatakan:

    “Sesungguhnya Allah mempercepat azab bagi orang yang tidak menaati orangtuanya sebelum kematiannya.” (Misykat 2:29)…….

    Naudzubillah Min Zalik,,,,,,
    :)

    “amin.. semoga kita terhindar dari dosa kedurhakaan yah..” :)

  7. sunarnosahlan mengatakan:

    semoga kita terhindar dari perbuatan durhaka

    “amin.. amin.. semoga saja..” :)

  8. yanrmhd mengatakan:

    sebuah pengingat diri…, semoga kita selalu menjadi
    pribadi yang berbakti pada orang tua…

    ridho orang tua, kunci keberkahan dunia akhirat,,, :)

    “amin.. betul mas.. semoga kita digolongkan orang2 yg berbakti kpd orang tua.” :D

  9. bayuputra mengatakan:

    wah saya jadi takut …. untung saya tidak termasuk kedalam golongan tersebut ….

    “alhamdulillah.. semoga kita tetap istiqomah ya mas bayu..” :)

  10. bayuputra mengatakan:

    terimakasih karena sudah mengingatkan ….

    “sama-sama mas bayu.. terima kasih juga..” :)

  11. tim mengatakan:

    tulisan yang bermanfaat mas…

    “alhamdulillah.. semoga bisa mengambil manfaat” :)

  12. NURA mengatakan:

    salam sobat
    alhamdulillah terhindar dri kata2 huz dan ah pada ibu ,bapak atau orang tua kita.
    semoga kita semua bukan jadi anak yg durhaka.

    “amin.. semoga kita dan keturunan kita bukan golongan orang2 yg durhaka kpd orang tuannya.. amin..” :)

  13. Shanty mengatakan:

    Sebagai anak emang keharusan bgi qta untuk patuh terhadap orang tua agar terhindar dri qzab tsb.

    “amin.. setuju.. semoga kita terhindar dari azab yg pedih..” :)

  14. Keping Hidup mengatakan:

    Subhanallah.. tidak ada kerugian yang lebih besar daripada dibenci Allah SWT dan bukan bagian dari umat Muhammad SAW – karena kita durhaka kepada orang tua.. — salam

    “setuju.. semoga kita tetap istiqomah dijalanNya ya pak.. wassalamu’alaikum.wr.wb. :)

  15. bluethunderheart mengatakan:

    andai blue bisa membuat postingan yg sebaik ini pasti bleu tambah pintar……heheh
    trims tuk postingannnya
    salam hangat dari blue

    “blu udah lebih pintar kok.. post blue keren2. eheheh.. semangat ya om blue..” :)

  16. Arif R. mengatakan:

    jadi anak yang baik aja deh.. :D

    “amin.. iya deh.. jadi anak yg baik ajah..” :D

  17. Octane mengatakan:

    Naudzubillah….Semoga terhindar dari kedurhakaan kepada ortu ya…

    “amin.. semoga kita bisa terhindar dari dosa itu..” :)

  18. Meliana Aryuni mengatakan:

    Berusaha menjadi anak yang sholeh dan sholehah dengan sebenar2 takwa :)

    “iya. aq jg lg berusaha menjadi anak yg sholeh yg benar2 betakwa dan istiqomah dijalanNya..” :)

  19. Enutd mengatakan:

    mudah2an kita ga termasuk….Amiiin..

    “amin..” :)

  20. Usup Supriyadi mengatakan:

    Dari Abu Hurairah Radhyallahu ‘anhu, dia berkata,
    “Diangkat derajat mayat seseorang setelah meninggalnya, lalu berkata, ‘Wahai Tuhanku! apa yang terjadi?’ lalu dikatakan, ‘Anakmu memohonkan ampunan untukmu” HR. Muslim, katanya Hasan sanadnya. Shahih dalam kitab at Ta’liqur Raghib

    Mari Jadi Anak Saleh . ;)

    “itulah salah satu amal jariah yg didapat orang tua.. makasih tambahannya kang.. :)
    yuk jd anak sholeh…” :D

  21. orange float mengatakan:

    ngak ah jangan sampai durhaka sama orang tua sendiri, azabnya ngeri banget.

    “iya.. semoga kita digolongkan orang2 yg berbakti pada orang tua.” :)

  22. melly mengatakan:

    hiks…sedih baca2 diatas,
    banyak bgt dosa saia

    “:D yuk mohon ampunan Allah dan orang tua.. semua masih bisa asalkan dijalani dgn serius.. “^^

  23. d.e.q mengatakan:

    yup. pernah denger khotbah semacam ini waktu di masjid, ironis memang jaman sekarang byk anak durhaka. tapi, jangan sampe kita durhaka pada ortu kita

    “iya om.. jgn sampe deh,.. yuk berbakti pd orng tua..” :D

  24. Bunglon mengatakan:

    semoga saja kita termasuk ke dalam orang2 dan anak2 yang patuh kepada orang tua agar senantiasa mendapat ridho dari NYA amin…

    Sukses Slalu!

    “amiiinnnnn.. sukses jg buat bunglon..” :)

  25. Siti Fatimah Ahmad mengatakan:

    Assalaamu’alaikum mas Sapta

    Semoga kita selalu berbakti kepada orang tua dan mendidik anak-anak kita akan bahayanya bersikap tidak beradab dengan orang tua dan sesiapa sahaja. Ajarannya harus dilakukan sedari kecil agar setelah besar senang untuk dibentuk dan mereka memahami erti menghormati orang tua, menyayangi dan belas ihsan kepada mereka. Terima kasih mas Sapta kerana telah berbagi ilmu. Salam mesra dari saya.

    “wa’alaikumsalam bunda..
    aminnn.. iya..semoga bisa menjadi anak yang berbakti dan menjadikan anak2 kita kelak demikian jg..
    salam juga dari saya buat bunda..” :)

  26. om_rame mengatakan:

    pasti dong harus berbakti kepada beLiau, terima kasih atas media pengingatnya.

    “ya wajib tuh om.. harus berbakti kali pd orang tua.. hehe.. thanks jg om..” :)

  27. sunflo mengatakan:

    Ya Allah.. aq paling takut kalau berbuat durhaka entah itu sengaja atau tidak.. ancamannya sungguh keras.. :(

    “iya sama.. aku jg paling takut.. semoga kita terhindar dari golongan orang2 yang dimurkai Allah krn durhaka ma orang tua yaa mbak..” :D

  28. Nanang Abdullah mengatakan:

    Hmmm…terimakasih, ini mengingatkan saya. Kebetulan saya lagi berkunjung k rumah orang tu.

    “terimakasih kembali.. semoga lancar dan tetap istiqomah yaa..” :D

  29. aguestri mengatakan:

    Jadi serem bacanya, harus selalu berbakti nich. Eh sob pengemar Inter juga ya??

    KITA MENANG!!!!!!!!!!!!!!!

    “iya..harus byk perbaiki diri gan.. ayo jd anak yg berbaktii.. :)
    iya sesama penggemar inter nih.. horeeeyy.. kita menangg…. :D

  30. aguestri mengatakan:

    Jadi terharu saya sob, harus bisa menjadi anak yang baik

    “iya.. wajib tuh.. haris jd anak yg baik dan berbakti yuukk.. tetap istiqomah yah sob..” :D

  31. ghe mengatakan:

    yah sedih dong kang……
    kalo yang sudah terlanjur menyakiti mereka [seperti saya ne]
    langsung aja ga usah pake babibu jalani hidup dengan kodrat sebagai anak…. :lol:

    “klo udah terlanjur cepatan minta maaf.. mohon ampunan jg pd Allah.. Insya Allah bisa.. ayoo semangatttt.. yukk jd anak yg berbaktii..” :D

  32. achoey mengatakan:

    naudzubillah
    moga kita terhindar dan mampu menjadi anak yg soleh dan berbakti :)

    “aminn.. yup..” :)

  33. dedekusn mengatakan:

    Semoga kita terhindar dari sifat2 tercela,
    Semoga bisa menjadi anak yg shaleh yg bisa berbakti pada kedua orang tua kita. Amin.

    “amiiinnn..amiinn… :D

  34. yani mengatakan:

    ya Allah.. jauhkanlah kami semua dari sifat durhaka kepada orang tua kami, amiin.
    mudah2an kita bisa menjadi anak2 yg sholeh dan sholehah.

    “amiiinn.. semoga bisa jadi anak yg sholehh..” :)

  35. muhasabahcinta mengatakan:

    nggak ada yaa ayat yang ngebahasa durhakanya orangtua terhadap anak nya… :( padahal tidak mungkin anak saja yang durhaka kepada orangtuanya bahkan orangtua pun terkadang pernah juga durhaka sama anaknya…

    (salam ini kunjungan balik saya… ^^) artikelnya menarik :)

    “blm tau jg ada ayat apa gaknya.. ntar aku cari deh.. klo ada insya Allah aku posting.. :D
    salam jg..makasih udah ngunjungin balik..^^

  36. Dangstars mengatakan:

    Sungguh btulisan yang bermanfaat dan menggetarkan..

    “semoga kita bisa mengambil manfaat ya pak..” :)

  37. Dangstars mengatakan:

    mzakasih banget atas segalanya

    “sama-sama.. makasih juga ya pak..” :)

  38. Delia mengatakan:

    Semoga diriku dijauhkan :(
    Makasih mas postingannya sangat2 mengingatkan ku.

    “amiiiinnn.. semoga kita tergolong orang2 yg berbakti pd orang tua.. makasih jg mbak..” :)

  39. d-Gadget™ mengatakan:

    semoga Allah mengampuni segala dosa dan kekhilafanku yg telah lalu ..amin *berdoa dengan sungguh*
    nice post…

    “amiiinn.. semoga aku jg diampuni Allah.. amin..” :)

  40. Didien® mengatakan:

    subhanallah…tulisan ini sangat mencerahkan sekali braderrr…
    semoga Allah mengampuni dosa² kita, dan semoga kita bukan termasuk golongan yg ada di dalamnya..amin ya Rabb..

    salam, ^_^

    “amin. semoga kita terhindar dari golongan orang2 yg durhaka thdp orang tua.. salam juga..” :D

  41. bepi mengatakan:

    astaghfirulloh

    Sapta : :D :D

  42. buwel mengatakan:

    Sungguh benar segala firmanNya

    yup.. setuju…
    “Maka bersabarlah Kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah), itu menggelisahkan kamu. (QS. 30:60)..”


    “Allah-lah yang menurunkan kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari Kiamat itu (sudah) dekat (QS. 42:17)..”

    :D :D

  43. achen mengatakan:

    Shodaqollahal ‘adzhiim…

    sapta : :D :D

  44. ToPu mengatakan:

    Wih ngeri juga, padahal kiamat tinggal bentar lagi tuh……

    ” sapta : :D :D

  45. Ping-balik: Diary Terakhir Oyen « Oyen punya cerita

  46. greenyazzahra mengatakan:

    semoga kita bisa menjadi anak sholeh yang berbakti kepada kedua orang tua kita aminnn..btw, temanya sama dengan artikel terbaru saya..

    http://greenyazzahra.wordpress.com/2010/05/24/kasih-ibu-gratis-sepanjang-masa/

    “aminn.. iya..dah aq baca..” :D

  47. Deka mengatakan:

    jangannnnnnnnnnn sampai banget deh mendurhakai orang tua.
    semoga saya selalu dijauhin om dari sifat-sifat yang bisa mendurhakai orang tua. Amien.

    “aminn.. iya om.. jgn sampai deh..” :)

  48. omiyan mengatakan:

    Saya sendiri jadi takut sekarang….

    sapta : :D :D

  49. BlogCamp mengatakan:

    Setiap orangpasti pernah menjadi anak tetapi tidak setiap orang pernah menjadi orangtua
    oleh karena itu birrul walidayn sangat ditekankan.
    salam hangat dari BlogCamp

    “ya betul bgt pak de.. makasih..” :D

  50. kangtatang mengatakan:

    mudah2an hamba tidak termasuk kedalam kaum yang durhaka kepada orang tua, amien…

    “amiinn.. semoga saya jg..” :D

  51. khilafahcenter mengatakan:

    kalo ortunya kafir Gimana bang ?

    Mampir ya

    ———————————————
    Kita wajib patuh pada orang tua.. kecuali perintah yang mengajak pada segala bentuk kesyirikan atau larangan Allah… itu tidak boleh diikuti.. kurang lebih begitu..

    Wa Allahu A’lam…

  52. Ieza mengatakan:

    Bgaimana bl qt sulit utk mdptkn maaf dr orgtua qt.apkh brti qt anak durhaka?mhn dblz,trimz

  53. abo mengatakan:

    nauzubilah..

    semoga ank2 yg begitu..di luruskan lagi menuju jln allah..

  54. fachrul mengatakan:

    amiin ya robbal alamiin ^_^ :) -_-

  55. susilawati mengatakan:

    semoga kita ingat selalu mendoakan kedua orang tua kita.agar kita menjadi anak yang sholeh dan diridhoi allah subhanawata allah.amin.

  56. suwito spd,mhum mengatakan:

    jangan pernah berhenti mendoakan kedua orang tua kita walaupun hanya sesaat,hiasi hirupan dan hembusan naeasmu dengan doa buat mereka.

  57. ayu rahayu mengatakan:

    jangan sekali kali mendurhakai orang tua,karna ridho Allah diatas ridhoo orang tua…

  58. Ping-balik: Dosa dan Azab Anak Durhaka « Artikel Arunals

  59. Novita rastiana mengatakan:

    Alhamdulillah sebagi inspirasi n sumber renungan,,
    supaya saia menjadi anak yg lebih berbakti lagi

  60. rohendi1961 mengatakan:

    Ya Allahu Ya Robb. Hindarilah anak anak hamba dari perbuatan durhaka kepada ke dua Orang Tua nya dan jauhkanlah anak anak hamba dari obat obat terlarang yang akan membahayakan ahlak pribadinya, serta bimbinglah hamba sebagai orang tua dalam mendidik anak anak hamba ke jalan yang Engkau Ridhoi Ya Allahu karena hamba tidak mempunyai kekuatan selain atas bantuan kekuatan Mu Ya Allahu , semoga anak anak hamba menjadi anak anak yang soleh dan soleha, sehingga akan mengangkat derajat hamba dihadapan Mu ya Allahu, Aamiin… Aamiin… Aamiin ya Robbal alamin.

  61. zulfa mengatakan:

    bagus beudt halamannya.. bagusss..mengajarkn kpd kitta untuk tdk durhaka pd oRtu

  62. Seuf Faiz Wind mengatakan:

    bagus dan sangat mendidik tentang bagaimana cara kita sopan dan santun kepada orang tua kita

  63. Roby mengatakan:

    Makasi sdh mengangkt tema durhaka ma ortu, smoga kt yg membacax tdk skedar membaca saja tp kt terapkn d kehidupan kt mulai saat stelah kt membaca artikel ini.
    Wasalam

  64. dany mengatakan:

    kronologis nya seperti ini, tgl 01 maret pada waktu siang hari dimana saya menelpon ibu saya, dimana saya menceritakan keluh kesah saya kalo hidup sendiri itu menyakitkan dan saya meminta kepada ibu saya untuk mencarikan seorang pendamping…

    apa yang ada di dalam pikiran saya adalah bahwa saya tidak ingin mencari wanita pilihan saya lagi di karenakan saya memang pernah gagal dalam berkeluarga, dan saya trauma. tetapi saya juga ingin bangkit dan melepaskan semua kesedihan maka dari itu saya memutuskan untuk membangun keluarga baru yang Sakinah, Mawaddah, Warahmah, tetapi dengan jalan meminta pertolongan pada ibu saya untuk mencarikan calon istri buat saya…

    Berat dan berlangsung lama saya dan ibu saya berdebat, karena memang ibu tidak mau mencarikan saya seorang calon pendamping, akhirnya saya bilang pada ibu saya faktor mengapa saya ingin membangun keluarga baru :

    – untuk melepaskan semua kesedihan dan melepaskan bayang2 nya yang selama 2 tahun selalu saja membuat saya meneteskan air mata karena saya masih mencintainya, dan sebenarnya bila masih ada harapan saya akan memperbaiki hubungan dengannya tetapi dia telah memiliki pria lain dan segera melangsungkan pernikahannya, maka dari itu inilah alasan utama mengapa saya ingin membangun keluarga baru,
    karena semua teman2 menyarankan pada saya ” Binalah keluarga baru agar kamu tidak merasa kesepian lagi dan apabila kamu bersedih maka istri mu lah yang akan menghibur mu”..

    setelah mendengar alasan saya, ibu pun setuju akan mencarikan calon istri, dan inilah cerita yang membuat ibu mengutuk saya :

    membicarakan masalah gaji yang saya terima, saya menjawab jujur kalo gaji saya 4 juta tetapi memang disaat sehari sebelum gajian, gaji saya pun dinaikkan karena kerajinan saya bekerja sebesar1 juta, total seluruhnya adalah 5 juta.. yang pertama adalah bahwa untuk bulan ini tidak dapat mengirim orang tua saya karena saya memiliki utang pada teman dimana saya tinggal di ruko teman..

    itu adalah gaji pertama saya, sebelum nya saya menganggur di jakarta selama 3 bulan, maka selama 3 blan tersebut saya meminjam uang pada teman saya untuk biaya makan selama saya mencari pekerjaan baru.. dan memang rencana saya adalah mulai bulan depan dan bulan2 seterusnya saya memang akan selalu mengirimkan uang pada orangtua saya sebesar 2 juta…

    saya iri melihat semua harta yang di miliki oleh orangtua saya, serta kakak dan adik saya… dalam hati saya berjanji akan memiliki harta seperti yang dimiliki oleh mereka… sebenarnya saya ingin menabung dari gaji yg saya dapat tapi mungkin takdir berkata lain, ibu saya sms saya terus sebelum saya gajian, ” dah gajian belum ? “, di situ saya berpikir mungkin ibu saya ingin saya berbakti pada orang tua, maksudnya adalah masalah uang setiap bulan yang memang harus diberikan setiap bulan pada ibu saya..

    ya Allah saya ingin mapan sama seperti kakak dan adik serta kedua orang tua saya… minimal saya ingin memiliki rumah untuk berteduh, rencana memang saya ingin kredit rumah dengan menabung dari gaji saya untuk membayar DP nya, tetapi setelah saya pikir memang untuk yang pertama adalah orang tua… ok saya batalkan niat untuk kredit rumah dan setiap bulan saya berniat untuk selalu mengirim uang pada ibu saya…

    bulan februari adalah bulan di mana saya sangat miskin dimana untuk makan pun saya kekurangan, ibu sms dan tlp terus ” udah gajian belum, udah gajian belum, udah gajian belum, terus kalo belum gajian makannya dari mana !!! “,…. pikiran saya kacau saat itu karena saya memang belum makan dari kemarin dan saya sungguh tidak enak kalo saya meminjam uang ma ibu saya, makanya saya berbohong pada ibu saya kalo saya mendapatkan bonus dari kantor saya sebesar 20 juta untuk menenangkan pikiran dan hati ibu saya…,

    tgl 02 maret, pagi jam 03:52 ini saya di sms oleh ibu saya, dimana beliau berkata seperti ini ” yg sangat saya benci saat ini adalah anak2, krn semua anak durhaka.. muak saya ama anak2 ga ada yang nyenengin, yg ada cm ngerepotin aj.. benci benci benci ama anak durhaka “..

    berbohong sebesar 20 juta itulah yang membuat ibu saya mengatakan saya anak durhaka yang tidak mengirim uang pada ibu saya…

    ya Allah karena uang ibu saya mengatakan saya anak durhaka, Sesungguh-sungguhnya jika saya mempunya rezeki lebih, saya sering mengirimkan uang pada ibu dan adik saya yang masih smp…

    kenapa ibu mengatakan semua anak nya durhaka, knp tidak saya saja yang di bilang anak durhaka… kakak dan adik saya ga bersalah…….

    ya Allah apa yang harus hamba lakukan untuk membahagiakan ibu……. saya ingin membahagiakan tetapi untuk saat ini bila materi saya tidak bisa ya Allah, yang memberikan harta berlimpah, sungguh saya ga bisa memberikan semua itu….

    bila memang hamba yang bersalah telah menyakiti hati ibu, hamba akan senang hati menerima azab dari Mu ya Allah agar hamba tidak menjadi beban untuk ibu…..

  65. bunda zein mengatakan:

    Jika ortu memberikan anknya kpd orng lain krn alasan ekonomi lalu stelah besar anknya lbh syng kpd yg membesrkannya terus anaknya di cap anak durhaka gimana padahal kewajiban orang tua tdk hny melahirkan tp mengurus smp ank itu menikah tp klo kewajiban nya diberikan kpd orng lain lalu ortu meminta haknya setelah kita diurus orang lain gimana

  66. chris mengatakan:

    Asslmkm…mohon bantuannya donk.sy sedang pusing disatu sisi sy sedih mendengarkan klo ibu suka menangis karna baru ditinggal nenek meninggal,kemudian beliau meminta sy sm istri dan anak tinggal sementara dirumah supaya tdk sepi tp istri sy menolak setiap kali sy minta ke istri untuk temani ibu ujung2nya kita berantem,sementara kaka2 yg tinggal diluar kota sekarang memojokan sy,,,,sy jd bingung hrs gmn ambil keputusannya,jika ada yg mau bantu sy kasih saran bantu sy.tima kasih wasslmkm.

  67. sudar mengatakan:

    bagaimana hukum nya kalo ibu nya sendiri jauuuh dengan Alloh SWT.?? apakah setiap ucapanya itu do’a??

  68. Serly mengatakan:

    ;-( penyesalan ku.:-(

  69. Pulau Tidung City mengatakan:

    Bagaimana kalau membantah orang Tua yang di angagap sedikit keliru dalam suatu masalah ?

  70. Jailani SH mengatakan:

    Gimana ya kalau ada orang yang durhaka kepada orang tuanya, kini dia menjadi Pendurhaka bagi anak dan istrinya dan berdosakah anak yang membunuh orang tua yang pendurhaka tersebut??

  71. khalida mengatakan:

    nauzubillah min dzaalik.. mohon izin share ya..

  72. Dewi Anggraini mengatakan:

    Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  73. Nadya Zainab Rahmani mengatakan:

    apa solusi jika kita durhaka kpd ibu/bpk??

  74. Mey Mey mengatakan:

    Alhamdulilah :)
    TQ Buad yg nulis ini ..
    Bermanfaat bgt bgi akhu .. :)

  75. zaenal mengatakan:

    astaghfirullah…. saya kadang malas kalo disuruh-2 sama orang tua….
    mudah-2an diringankan kakiku untuk berbakti pada orangtuaku…..

  76. hasni mengatakan:

    kalau sudah telanjur durhaka apakah masih ada pintu taubat dari Allaah dan Nabi Muhammad ?

  77. Nauzubillah min zalik, jangan sampai untuk anak2 kita kelak nanti.

  78. Chairy Ramzy mengatakan:

    bang, saya mau nanya. di keluarga saya yaitu abang saya dia selalu nyakitin ibu saya. bahkan suka menggukanan bahasa kasar dan kotor ke ibu saya. setiap hari ibu saya selalu cerita tentang kelakuan abang saya ini. saya bingung mau menanggapi apa. ibu saya sudah meminta bantuan ke teman2 abang saya, ke guru ngaji saya, bahkan ke ustad. tapi dia ga pernah berubah bang. tadi saya lihat di atas ada hadist

    “Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluargannya, merelakan istri dan anak perempuan selingkuh)” . [H.R. Nasa’i dan Ahmad].

    apa saya termasuk dayyust? karna tidak melakukan apa2 saat abang saya menyakiti orang tua saya? saya bingung ga tau harus berbuat apa

  79. Ping-balik: Dosa dan Azab Anak Durhaka | AKUISAN

  80. ainul fikri hartono mengatakan:

    Apa yang telah aku perbuat jadi apa aku sandal yang diijak2 atau apa? karena aku pernah dimarahi sapai dipukul karena ulahku sendiri sunggu bodoh aku…..

  81. Zoel mengatakan:

    nice article,,i like your site very much…

  82. nyeselnya kalo dah ribut sama mama , orang yang paling berharga yang aku miliki :'(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.